Resep Japanese Cheesecake Enak dan Super Lembut

Posted on

Pagi ini posting japanese cheese cake ya bun, perdana bikin tadi malam. Alhamdulillah berhasil. Super moist, lezat pokoknya bun. Ini resepnya bunda2 LE :
Jangan salahkan saya jika nantinya anda mengalami dilema Cotton Japanese Cheesecake yang saya bagikan. Kenapa begitu karena cheesecake ini memiliki rasa yang enak, super fluffy dan sangat lembut (soft) dengan rasa manis yang pas bercampur dengan gurihnya keju dari cream cheese
Tobat! dan menghela nafas dengan coba memaafkan diri sebab niat diet saya gagal karena tak berhenti menguyah japanese cheesecake. Cheesecake versi Jepang ini menurut saya sangat berbeda dengan olahan cheese cake umumnya. Japanese Cheesecake dibuat dengan memanaskan cream cheese / krim keju dan mentega / butter sampai mengental. Kemudian baru deh dimasukkan tepung maizena dan kuning telur ke dalam adonan.
Sedangkan untuk putih telurnya dikocok secara terpisah sampai kaku dan berbentuk soft peak a.k.a jambul petruk baru kemudian ditambahkan ke dalam adonan cake lainnya seperti tepung terigu dan kuning telur. Sama seperti olahan cheese cake / cake keju versi panggang lainnya, cake keju ala Jepang ini juga dipanggang di dalam oven dengan teknik au bain marie yang sering disebut teknik water bait.
Yaitu teknik memanggang cake dengan cara meletakkan loyang berisi adonan ke dalam loyang lainnya yang lebih besar dengan isian air panas. Cara ini bertujuan agar menghasilkan cheesecake dengan permukaan yang berwarna terang, terlihat basah, lembut dan mencegah retak pada permukaan cake. Perlu anda ketahui air panas ini membantu menambah kelembaban dalam oven dan mencegah suhu kue tidak melebihi 100 derajat celcius seberapa pun besarnya suhu pada oven.

Japanese Cheese Cake
Source: Epipastry
By: Tenny Febriani
Bahan :
Adonan Kuning
6butir kuning telur
250 cream cheese suhu ruang
80 ml minyak (sunflower oil) – saya pake minyak goreng biasa
120 ml susu uht
60 gr tepung maizena
50 gr gula pasir

Adonan putih
6 butir putih telur
2 sdm air lemon
100 gr gula pasir

Cara Pembuatan :
Double boil (tim) cream cheese, minyak dan gula sampai cream cheese larut dan lembut, angkat dari api tambahkan kuning telur satu per satu aduk sampai rata tambahkan susu lalu tambahkan tepung maizena sambil diayak aduk hingga merata sisihkan.
Mixer putih telur sampai berbusa tambahkan sedikit garam halus tambahkan air lemon dan gula sedikit demi sedikit mixer sampai soft peak, campurkan ke 2 adonan secara bertahap hingga tercampur rata.
Tuang dalam loyang bongkar pasang ukuran 22cm yang sudah dialasi baking paper, panggang dengan metode au bain marie selama 80 menit 120 derajat api atas bawah. Sesuaikan oven masing – masing ya bunda.
Bagi pemula mungkin bingung, memanggang dengan teknik au bain marie itu seperti apa sih? Lagi-lagi saya jelaskan, istilah teknik panggang au bain marie adalah teknik memanggang tidak langsung kena panas. Jadi saat memanggang loyang yang berisi adonan cake di beri alas loyang yang lebih besar dengan di isi air. Berikut penampakan memanggang dengan teknik au bain marie.

Lalu untuk istilah jambul petruk atau sotf peak adalah mengocok adonan sampai kental berjejak. Adonan di tandai jika adonan di jatuhkan ke lantai adonannya tidak langsung jatuh tapi masih menempel di tangan atau sendok. Jadi benar-benar kental seperti jambul petruk jika mixer di angkat dari adonan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *