Resep Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Legit. Jajanan Legendaris by Bunda Diyah Kuntari

Posted on

Menurut Wikipedia Kue Cucur atau Cucur (dalam bahasa Indonesia) atau kuih cucur (dalam bahasa Melayu), dan disebut khanom fak bua (ขนมฝักบัว) atau khanom jujun (ขนมจู้จุน or จูจุ่น) dalam bahasa Thailand, adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan . Di Indonesia, kue cucur dapat ditemukan di seluruh pasar tradisional; akan tetapi, versi popularnya, adalah versi Betawi dari Jakarta.[1] Di Thailand Selatan, kue cucur sering dihidangkan di festival dan upacara pernikahan. Sementara, di Malaysia, istilah cucur lebih ditujukan untuk jenis kudapan goreng. Di Brunei dan Borneo Malaysia (Sabah dan Sarawak), kue cucur disebut sebagai Pinjaram.

Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue cucur bersifat tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Masyarakat Thailand percya bahwa kue ini mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi yang sulit. Melanmbangkan cinta dari pasangan yang baru menikah yang akan semakin bertambah dan sukses dalam kehidupan pernikahan. Masyarakat Thailand suka menampilkan kue ini di upacara pernikahan atau menguntungkan, atau di festival apa pun. Terkadang, kue ini juga diberikan sebagai hadiah. Dalam konsumsinya, masyarakat Thailand biasanya memakan kue ini langsung setelah digoreng karena kue ini masih lembut dan berwarna-warni, dan wangi. Jika dibiarkan selama satu jam, kue ini akan lengket, membantet, dan sangat berminyak. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan.

Nah tadi itu asal usul kue cucur, sekarang kita bikin yuk bun tapi sih sebenarnya resep ini saya dapatkan dari mba ita dapur griya khayangan, lalu saya modif gulanya pakai gula merah dan airnya pakai air santan. tapi kalo bunda pengen kue cucurnya berwarna yang bunda dan keluarga inginkan, bisa bunda ganti gulanya dengan gula pasir dan juga airnya diganti dengan air pandan suji atau pasta pewarna makanan lain ya

Kue Cucur by Diyah Kuntari
Bahan Bahan
500 ml air santan (1 bungkus santan kara yang 65ml+air)
2 lembar daun pandan lalu potong-potong
300 gram gula merah
250 gram tepung beras
50 gram tepung terigu
1 sendok teh garam
Minyak untuk menggoreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *