Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Lebih Mudah Empuk dan Lunak

Posted on

Ayam merupakan protein yang paling sering diolah jadi berbagai makanan lezat. Nah, beberapa orang sangat suka menyantap ayam kampung karena dinilai lebih sehat dibandingkan ayam biasa. Ini karena daging ayam kampung rendah akan kandungan lemak.

Selain unggul dalam kandungannya, daging ayam kampung juga bisa diolah menjadi berbagai macam resep yang lezat dan nikmat, terlebih lagi dimanfaatkan untuk membuat kaldu ayam. Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan daging ayam lainnya, tetapi daging ayam kampung juga tidak luput dari kekurangan. Dimana dagingnya lebih alot atau keras dibandingkan dengan ayam lainnya, sehingga dengan begitu ketika memasaknya diperlukan waktu yang cukup lama.

Meskipun sudah dimasak dalam waktu yang cukup lama, tapi terkadang daging masih tetap keras dan alot sehingga akan sulit dimakan. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat banyak orang kesal, bahkan tidak sedikit mereka lebih memilih daging ayam lainnya. Namun, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir, karena ada tips khusus mengolah ayam kampung agar lebih mudah empuk. Anda bisa memilih tips yang lebih mudah sesuai dengan keinginan anda. Di bawah ini tips mengolah ayam kampung agar lebih empuk yang bisa anda simak.

TIPS MENGOLAH DAGING AYAM KAMPUNG AGAR CEPAT EMPUK DAN LUNAK
Pilih ayam yang lebih muda
Memilih ayam merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, anda bisa memilih ayam kampung yang masih muda. Selain dagingnya tidak terlalu keras, daging ayam kampung muda juga memiliki rasa yang lebih lezat.
Potongan tebu
Agar ayam kampung yang anda olah cepat empuk dan lunak, maka anda bisa merebus dagingnya bersama dengan potongan tebu. Dengan memanfaatkan potongan tebu, daging ayam kampung akan cepat empuk dan lunak. Sehingga anda bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan masakan yang nikmat dan lezat.
Air kelapa
Jika biasanya anda merebus daging ayam kampung dengan air biasa, maka saat ini anda bisa merebusnya dengan menggunakan air kelapa. Merebus daging ayam kampung dengan air kelapa akan membuatnya lebih mudah empuk dan lunak, selain itu juga akan menambah cita rasanya.
Pepaya muda
Selain dengan menambahkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, anda juga bisa menambahkan pepaya muda ketika merebus daging ayam kampung yang akan anda olah. Caranya mudah, anda hanya tinggal memasukan potongan pepaya muda ke dalam rebusan daging ayam kampung. Potongan pepaya muda hanya akan membuat dagingnya empuk, tidak akan mempengaruhi rasa daging dan kaldunya.
Rebus dengan menggunakan panci presto
Merebus daging ayam kampung dengan menggunakan panci presto merupakan cara modern yang paling ampuh. Namun, ketika anda merebusnya diharapkan jangan terlalu lama karena nantinya daging akan menjadi hancur. Anda bisa merebus daging ayam kampung selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu mengolahnya sesuai dengan selera anda.
Direndam
Jika ayam kampung akan diolah dengan cara digoreng, maka untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk anda bisa merendamnya terlebih dahulu di dalam campuran bumbu. Selain akan membuat daging lebih cepat empuk, proses merendam ini juga akan membuat daging lebih gurih dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *